CIREBON, Kaya Seni dan Budaya Sejak Dahulu Kala

Beberapa objek wisata yang menarik terdapat di kota Cirebon khususnya objek yang berkaitan dengan budaya. Percampuran budayaSunda, Jawa dan Cina akan kita dapati di beberapa kraton yang memiliki arsitektur gabungan dari berbagai elemen kebudayaan termasuk Islam dan unsur-unsur arsitektur Belanda.

CIREBON MERUPAKAN satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai 3 kraton yaitu Kraton Kesepuhan, Kraton Kanoman, dan Kraton Kacirebonan.

Kraton Kesepuhan

Kraton yang pertama ada di kota Cirebon adalah Kraton Kesepuhan. Sejak abad ke-17 kerajaan Cirebon dibagi atas tiga kekuasaan yaituSultanKesepuhan,Kanomandan Kacirebonan. Kraton Kesepuhan yang dibangun pada tahun 1527 adalah istana tertua yang paling terjaga keasliannya. Kraton yang terletak di ujung selatan Jin. Lemah Wungkukinimemilikigayaarsitektur perpaduan antara Sunda, Jawa, Islam, Cina dan Belanda. Kraton ini merupakan tempat tinggal Sultan Kesepuhan. Sebagian besar bangunan kraton ini dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Di dalam kraton terdapat sebuah paviliunyang dindingnya dihiasi dengan ubin Delf berwarna putih dan biru. Di sini terdapat beberapa lampu antik dari Prancis tergantung di langit-langit. Kraton ini memiliki museum dengan koleksi antara lain wayanggolek, keris, meriam, mebel kuno, beberapa senjata buatan Portugis dan kostum kerajaan. Pada setiap bulan Maulid di Kraton Kesepuhan dan kraton-kratonlainnyadiselenggarakanupacara Mauludan. Pada saat itu benda-benda kraton dimandikan dan diarak dari kraton menuju Mesjid Makam Sunan Gunung Jati.

Koleksi museum yang paling mengesankan adalah kereta Singa Sarong, sebuah kereta perang kerajaanpeninggalanabad ke-17. Kereta ini tampak ditarik oleh kerbau putih yang memiliki belalai seperti gajah (dan Hindu),badandankepalamenyerupainaga (motif Cina) dan sayap (pengaruh Islam).

Tidak jauh dari bangunan kraton terdapat sebuah masjid yang bemama·Masjid Agung Sang Ciptarasa yang merupakan satu kesatuan dengan bangunan Kraton Kesepuhan. Masjid ini dibangun pada tahun 1480atas prakarsa permaisuri Kesultanan Cirebon Nyi Ratu Pakungwatiyangdibantu oleh Wali Songo. Pada tahun1549 masjid ini terbakar. Ditempatyangsamakemudiandibangun masjidagungyangbaruyaituMasjidAgung Kraton.Yangmenarikdarimasjidiniadalah bangunannyayangditopangpirarkayu yang kokoh.Cirikhaslainnyayaitusetiapazan Jumat,dimasjid ini dikumandangkan suara azan· secara bersamaan oleh tujuhorang juru azan (muazin). Hal ini biasanya disebut azan pitu.

 

Kraton Kanoman

TidakjauhdariKratonKesepuhanterdapat sebuah kraton lain bernama Kraton Kanoman yang dibangun pada tahun 1588 oleh Sultan Badaruddin.Kratoniniberdirikarenaada upaya pemisahan diri dari Kesultanan Cirebonkarena berbeda pendapat Sebagai mana umumnya kraton di Jawa, bangunan Kraton Kanoman seluruhnya menghadap ke utara. Di luar bangunan kraton terdapat sebuah bangunan bergaya Bali yang disebut Balai Manguntur yang terbuat dari batu bata merah. Fungsi bangunan ini adalah sebagai tempat sultan ketika menghadiri upacara khusus seperti apel besar prajurit dan menyaksikan pemukulan perdana gamelan sekaten setiap tanggal 8 Maulid.

Adajugamasyarakatyangmengatakanbahwa Balai Manguntur diartikan sebagai balai mangun tutur yang artinya tempat sultan berpidato atau berbicara kepada rakyat tentang hukum agama dan lain-lain. Di belakang kraton terdapat sumur yang bila meminum airnya dipercaya bisa memberikan jodohkepadaorangyangbelum memilikijodoh.

 

Kraton Kecirebonan

Bangunan Kraton Kecirebonan ini memiliki bentuk seperti rumah biasa yang menjadi tempat tinggalanggotakeluargaketurunan raja yang memisahkan diri dari Sultan Kesepuhan ke-10.Rumahyangdibangun pada tahun1839inimemilikiarsitektur kolonial yang indah serta sejumlah koleksi antara lain pedang, dan benda-benda peninggalan kerajaan lainnya.

ObjeklainwisataselainKraton,Cirebonjuga mempunyai tempat wisata yang lain seperti gua bernama Gua Sunyaragi yang terletak di desa Sunyaragi, milik Sultan Kesepuhan. Gua ini merupakan kompleks bangunan yang menempati areal seluas 1,5 hektare. Oulu kawasan ini merupakan tempatperistirahatan, tempatmenyepi, dansekaligusberfungsipulasebagaitempatrekreasi sultan dan kerabatnya. Semua ruangan yang ada di dalam komplek ini dibentuk menyerupai gua. Dengan demikian bangunan ini merupakan kompleks gua-gua buatan yang dihubungkan oleh lorong atau jalan-jalan setapak yang berliku. Bangunan ini didirikan pada awal abad ke-18 dan hingga kini sisa-sisa keindahannya masih terlihat sebagai karya arsitektur tempo dulu.

Sebagaiobjekwisata ziarahterkenaldisini terdapat makam Sunan Gunung Jati. Makam tersebut· terletak di kaki Gunung Sembung. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah raja Cirebon dan termasuk salah satu penyebar Islam pertama di Jawa (Wali Songo). Di kompleks Makam Sunan Gunung Jati terdapat pula makam putri Ong Tien, istri Sunan Gunung Jati yang berasal dari negara Cina.

Makam ini hanya boleh dimasuki oleh keluarga kraton sebagai keturunannya dan petugas harian yang dan juru kunci. Banyak barang-barang keramik atau porselin yang bertebaran di tembok-tembok dan guci-guci yang dipajang sepanjang jalan menuju makam, yang harus dilestarikan.

Kurang lengkap kiranya kalau kita jalan­jalan ke Cirebon tidak mampir kesentra industri batik tradisional di desa Trusmi.

Salah seorang pengusaha batik yang sempat dijumpai Griya Asri ialah Ny. Ninik Ichsan.Diatetapmempertahankan warisannenek moyangnya ini. Nama Trusmi sudah identikdengankawasanbatik.Motifbatik diTrusmi ini tergolong motif pesisiran, tetapi warna-warna kain batik Cirebonan lebih cerah dan “berani”. Salah satu motifnya adalah mega mendung, yaitu motif berbentuk awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama. Motif ini merupakan pengaruh dari kraton di Cirebon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *