MENDEKORASI RUANG DENGAN KARPET

Posted on Posted inRumahTagged

Merasa bosan dengan penampilan lantai ruang saat ini? Atau mungkin beberapa bagian dari karpet sudah rusak bahkan mungkin warna karpet tidak cocok lagi dengan furnitur baru. Itu tandanya Anda harus mengganti penutup lantai, setidak-tidaknya karpet di ruangan.

KARPET MERUPAKAN ELEMEN dekoratiflantai yang paling praktis diaplikasikan dalam penataan interior. Dengan mengganti karpet, Anda dapat mengubah warna dan motif lantai serta menyesuaikannya dengan gaya furnitur, dekorasi dinding dan aksesori ruang sehingga menciptakan suasana nyaman dan menarik. Karpet juga kaya akan variasi tekstur, diantaranya bisa menghadirkan kesan lembut dan hangat dalam ruangan. Berawal dari kebutuhan akan alas kaki, industri karpet kini telah berkembang pesat sehingga karpet menjadi elemen yang multiĀ­ fungsi diantaranya bisa meredam bising dan menghindari kecelakaan akibat permukaan lantai yang licin.

Sesuai dengan perkembangan tren interiorsaat ini, tipe yang sedang diminati adalah karpet yang kaya tekstur dan memiliki daya tahan tinggi / durable seperti karpet jenis loop and sisal yang menonjol karena memiliki kesan permukaan yang tiga dimensi. Pilihan warnanya cenderung monokrom, netral dan cenderung gelap seperti abu-abu, krem dan merah tua Dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya kesadaran akan kesehatan, karpet masa kini harus dilengkapi dengan green label artinya emisi berbahaya (volatileorganic compoundsI VOCs) yang dihasilkan rendah, tidak menampung debu dan kutu, tidak mengotori udara dan tidak menimbulkan alergi.

Dalam memilih karpet perhatikan asal serat atau bahan mentahnya dan anyaman benangnya Dilihat dari bahan mentahnya, ada karpet yang terbuat dari serat / fiber alami seperti wol, katun, sutra, bambu dan rumput laut (seagrass). Jenis ini biasanya memiliki tekstur yang lembut dan mengkilap saat terkena cahaya sehingga memberikan kesan mewah namun serat ini lebih cepat rontok bila terkena beban berat dan harganya relatif lebih mahal sehingga pemakaiannya terbatas. Ada pula jenis karpet yang terbuat dari serat sintetis yaitu polypropylene, akrilik, poliester dan nilon. Karpet jenis ini memiliki daya tahan lebih tinggi (heavy duty) dan lebih mudah diolah oleh mesin.

Ditinjau dari proses membuatnya, dikenaldua jenis karpet yang ditentukan oleh pola anyaman benangnya (yarn) yaitu jenis karpet loop pile yang banyak dipakai di tempat komersial seperti kantor dan jenis karpet cut pile yang banyak digunakan di hunian. Selain itu, ada pula jenis karpet cut and loop yang merupakan paduan kelebihan dari kedua jenis karpet diantaranya tidakmeninggalkan jejak / footprint saat berjalan di atasnya Khusus di bagian akhir proses pembuatan karpet serat sintetis, permukaan lembarannya dapat dipanasi sampai suhu tinggi, sehingga menciptakan jenis baru yaitu jenis heat set yartu tekstumya licin dan mengkilap sedangkan jenis frieze teksturnya keriting.

Kualitas karpet juga ditentukan oleh kerapatan anyaman benang dalam setiap incinya Semakin rapat anyamannya semakin tegas tampilan garis pada motif karpet dan permukaannya Semakintebalkeempukannya bertambah sehingga harga karpet,semakin mahal. Selain itu, terdapat beragam ukurankarpet yang disesuaikan dengan posisi karpet, ukuran ruang dan jumlah orang di dalam ruangan. Sebagai contoh, ruang makan berisi 4 – 6 orang atauruangkeluargaberukuran6mx 8 m memerlukan karpet berukuran minimal 2 m x 3 m atau lebih besar sedangkan sudut tertentu di ruang tamu atau kamar tidur cukup dihias dengan karpet berukuran 1,6 m x 2,4 m atau 1,4 m x 2 m. Setelah memastikan kondisi fisik karpet, perhatikan pula kombinasi warna dan motif yang disesuaikan dengan selera Anda dan elemen di dalamruang. Secara umum, karpet dengan warna kontras tampil menonjol diantara lantai, dinding danfurniturruangansedangkanwarna-warna netral mudah dikombinasikan. Karpet berwarna pasteldapatmenciptakansuasanatenang sedangkan karpet berwarna gelap tidak mudah terlihat kotor sehingga cocok untuk area yang sering dilewati. Untuk pemeliharaan, karpet cukup dibersihkan dengan alat penyedot debu setiap hari. Bila karpet dari serat sintetik terkena noda biasa, maka area yang terkena noda dibersihkan dengan deterjen yang dicampur dengan air lalu karpet dibiarkan kering alami. Bila karpet terkena noda kopi, darah, tinta dan anggur apalagi pada karpet dari serat alami, sebaiknya karpet dibersihkan oleh petugas yang profesional. Untuk area basah seperti kamar mandi, gunakanlah jenis karpet dari bahan katun yang bisa dicuci dan bagian bawahnya dilengkapi antislip sedangkan untuk area luar seperti teras, pilihlah jenis karpet sisal dari bahan sintetik yang anyamannya tidak terlalu rapat dan tahan perubahan cuaca Selamat mendekorasidengan karpet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *