CITRA KANTOR Dengan DESAIN MODERN

Desain interior sebuah kantor tidak hanya mengakomodasi kegiatan bekerja tetapi juga mencitrakan merek perusahaan/corporate branding-nya. Di samping itu desain interior memadukan secara harmonis antara efisiensi pembagian ruang danmenciptakan kesan elegan serta profesional

SALAHSATUDESAINkantormodern yangatraktifadalah sebuah kantor pusat daribeberapaperusahaanyangbergerakdi bidangindustrimakananyangberlokasidi PuloGadung,JakartaTimur.Awalnya, penampilankantorempatlantaiinitidak berbedadarideretanpabrikdangudangdi kawasanindustriyangdibangunpada tahun 80-an.Seiringdenganprosesregenerasi dalam manajemen, banyak hal dalam perusahaan ini berubah termasuk interior kantor.

Denganmotobaruyaitumemberiinspirasibagi hidup yang bernutrisi, interior kantor direnovasi untuk menciptakan terobosan suasana yang segar dan kondusif sesuai dengan misi dan moto perusahaan.

Untuk mewujudkan misi tersebu desainer interior Yuni Jie dari konsultan Jie Design menerapkan pendekatan desain bergaya modern kontemporer agar citra visual kantortersebuttidakmudahlekangolehwaktu.Secarakeseluruhan,susunanruangkantordiubah menjadi lebih terbuka dengan struktur garis desain yang bersih (clean lines) dan menonjolkan komposisi kotak geometris yang dinamis.Materialdanfinishingbangunan dipilih yang mutakhir dan ringan seperti kaca bening tebal untuk dinding penyekat, nuansa hitam putih dari cat dinding dan granit berwarna gelap sebagai penutup lantai serta laminat kayu untuk pelapis lantai ruang kerja. Pada lantai dasar, ruangan sengaja ditata menyerupai galeri untuk menegaskan citra korporat perusahaan yang berkelas internasional. Ketika memasuki lobi pintumasuk utama, kita akan menemui area duduk berupa daybed, meja dan kursi tanpa sandaran karya arsitek ternama

Mies van der Rohe. Area ini berdampingan dengan meja konsol penerima tamu. Dinding area ini dihiasdengan panel dekoratif bertuliskan nama-nama produk dan diberi wama hijau terang yang merupakan ciri khas dari korporat perusahaan. Panel ini dikombinasikan dengan veneer dari kayu sycamore dan bingkai dari brushed stainless steel.

Fokus dari area lobi adalah sebuah lemari (display case) yang memajang berbagai produk unggulan korporasi perusahaan. Lemari ini sengaja dirancang seolah-olah melayang di tengah ruangan. Naik kelantai satu,kitaakan menemui panel dekoratif lain yang berisi foto-foto hitam putih yang menceritakan proses produksi makanan dari korporasi perusahaan termasuk suasana di pabrik, mesin-mesin yang dipakai dan suasana karyawan sedang bekerja Selanuj tnya, lantai satu ini disusun untuk ruang staf administrasi, ruang rapat ruang makan bersama dan lounge, mini bar dan 9 buah ruang kerja untuk para direksi.

Ruang staf administrasi sengaja dirancang terbuka agar mudah diakses dan dilengkapi oleh deretan kabinet tertutup untuk menyimpan berkas dengan rapi. Tak jauh dari area ini terdapat ruang rapat yang sebagian dinding penyekatnya memakai kaca bening tebal sebagaimana yang diterapkan pula di ruang makan bersama dan lounge. Area untuk bersantap komunal ini dilengkapi oleh meja dan kursi bar serta dihias dengan lampu gantung yang unik Lounge untuk 1 bersantai sekaligus rapat informal terletak di sebelahnyaditatadengan meja, seperangkat sofa 1berlapis kulit dan peralatan multi media untukpresentasi.

Selanjutnya, Yuni juga menghias koridor yang mengantar keruang-ruangkerja dengan wallpaperdan lampu yang unik. Setiap ruang kerjadilengkapi dengan meja dan kursi kerja yang nyaman, simpel serta ergonomis, metal horizontal blind pada jendela dan lukisan abstrak berwarna cerah. Selain itu, Yuni juga berhasil menyiasati sebuah ruangan di tengah deretan ruang kerja manajer eksekutif yang memiliki satu kolom struktural di tengahnya Kolom ini dirancang menjadi bagian dari meja bar, dapur kecil dan meja printer bersama sehingga ruang ini menjadi sebuah area tempat para staf berkumpul dan beristirahat.

Terakhir, Yuni juga menata pencahayaan kantor ini dengan dimmer dan lampu jenisdownlight sehingga suasananya terasa teduh dan tenang. Secara keseluruhan, desain interior kantor ini berhasil menstimulasi interaksi antarstaf dan merepresentasikan citra perusahaan pada pihak luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *