Apartemen yang HANGAT Dengan Cokelat Monokromatik

Tinggal di apartemen elite telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban terutama kalangan atas. Dengan lokasi strategis di pusat kota, jenis hunian ini menyuguhkan suasana nyaman bagaikan di rumah mewah yang ditunjangoleh fasilitas sekelas hotel berbintang.

SALAH SATU pendekatan desain untuk menciptakan interior yang mewah dan elegan adalah dengan kombinasi gaya klasik dan gaya modern kontemporer. Cara inilah yang diwujudkan oleh konsultan Hirsch/Bedner & Associates Pte. Ltd. dari Singapura dalam rancangan sebuah unit apartemen elite yang berlokasi di Sudirman Central Bussiness

District, Jakarta Selatan. Apartemen seluas 172,43 m2 dengan tiga buah kamar tidur ini sesuai dengan karakter penghuni yang umumnya besar telah mapan dan memiliki cita rasa eksklusif. Pertama, desainer menyusun layout terbuka untuk foyer, ruang keluarga, ruang makan dan koridor yang menuju kamar-kamar sehingga memberi kesan lapang.

Dalam konsep desainnya, padu padan gaya klasik dan modern kontemporer ini diterapkan dalam semua elemen ruangan. Bentuk elemen ruang tetap mengacu pada ciri gaya klasik yang serba melengkung namun dibuat lebih simpel dan tidak rumit. Contohnya, plafon dihias dengan cornice dan langit-langit gantung (dropped down ceiling) namun tidak berupa ukiran dekoratif sebagaimana halnya ornamen gaya klasik Eropa. Furnitur dan aksesori juga tidak didominasi oleh kotak-kotak geometris yang kaku tetapi dipermanis dengan lengkungan dan lingkaran. Hal ini bisa dilihat pada kaki crede nza dan bingkai cermin di foyer demikian pula sandaran armchair dan dasar lampu meja di ruang keluarga.

Di ruang makan, dropped down ceiling dan meja sama-sama dipilih yang berbentuk lingkaran sehingga tampil berbeda dalam ruangan. Kedua, warna-warna elemen ruang dipilih dari gradasi coklat monokromatik yang menciptakan suasana hangat dan akrab. Hal ini juga ditunjang oleh padu padan motif dan tekstur bernuansa natural. Sebagai contoh, ruang keluarga ditata dengan karpet bercorak kontemporer dan wallpaper berwarna coklat gelap sedangkan sofa dan armchair-nya dilapisi oleh kain chennyl dan beludru yang lembut. Sementara itu, kamar tidur utama didesain berbeda diantaranya wallpaper berwarna abu-abu muda dan tempat tidurberlapis kulit.

Yang menarik adalah ornamen dekoratif yang diolah proporsional terhadap setiap elemen ruang. Sebagai contoh, dinding foyer dihias dengan sepasang lubang jendela yang diberi teralis unik bermotif acak. Hal lain adalah pilihan corak dan warna marmer yang sengaja berbeda pada setiap ruangan sehingga lantai tidak harus dihias dengan karpet. Untuk kamar mandi, seluruh lantai dan dindingnya ditutup oleh marmer bercorak unik dan kontras dengan peralatan saniter berwarna putih. Khusus dapur dirancang modern dengan lemari dari panel kayu, kusen aluminium dan kaca bening, meja dari granit warna hitam serta dinding yang dihias dengan kaca mozaik warna hijau.

Selanjutnya, tata lampu, koleksi benda seni dan rangkaian bunga segar juga berperan penting mengekspresikan jiwa pemiliknya pada ruang-ruang dalam aparĀ­ temen. Misalnya, ruang makan etrasa nyaman dengan chandelier, downlight dan spotlight yang menyorot lukisan di dinding sedangkan ruang kerja cukup diterangi baik dengan lampu meja maupun lampu berdiri dengan berbagai bentuk unik. Sebagai ornamen dekoratif, lukisan dipilih yang bercorak abstrak dan kaya warna sehingga ruangan terlihat atraktif. Kerajinan tangan dari berbagai negara turut menghias lemari pajang. Secara keseluruhan, desain apartemen ini berhasli memberikan citra mewah nan elegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *